Surat untuk Bapak #2

Pak, minggu lalu aku dateng ke ‘rumah’ Bapak dua kali, loh. Bapak tau khan?

Aku kangen banget, tapi alhamdulillah 3 hari nginep di rumah kemarin, aku nggak nangis. Aku justru ngerasa anget. Kayak yang Bapak pernah bilang, kalo aku nginep di rumah pasti akan anget. Semua karna Birru khan ya, Pak?

Pak, Birru akhir-akhir ini rewel. Aku nggak tau kenapa. Mungkin kangen Bapak. Birru suka kasian Eyang Bapak kok bobok sendirian di makam. Ibu dan aku suka mencelos dengernya.

Pak, maaf ya, aku belum bisa jadi orangtua yang sabar. But I’ve tried to, Pak. Bapak tau itu, khan?

Pak, ada satu hal dari seluruh kejadian ini yang aku masih suka nggak rela. Ada orang yang nyelametin namanya dengan jelek-jelekkin aku karena gak ada di waktu-waktu terakhir Bapak. Padahal, we both know, Bapak nggak mau aku sedih khan? Di hari itu, aku berusaha dateng, Pak. Bapak tau khan, I’ve tried. Tapi aku telat 🙁 Di hari itu, aku merasa lega dan ikhlas, Pak. Aku udah nggak tahan Bapak ngerasa sakit. Bapak selalu ngomong itu khan ke aku dan Pujo, kalau bapak udah nggak tahan sakit? Aku sedih, Pak. Kok bisa-bisanya orang itu nyelametin namanya sendiri? Emang dia siapa? Dia bisa ngomong begitu karena bapaknya masih ada, khan? Kalo dia pulang ke rumah, bapaknya masih ada di situ, nggak kayak aku, Pak. Bapak khan nggak bakal balik lagi. Kalau aku pulang ke rumah, nggak akan ada lagi yang nyambut aku dan Birru dengan ketawa. Kita berdua tau siapa itu orangnya kok, Pak. Kalau bapak kesel sama orang itu, Bapak khan selalu cerita sama aku.

Pak, Pujo minta aku supaya aku nggak terus-terusan kesel sama orang itu. Aku coba ya, Pak.  Demi Bapak. Demi nama baik Bapak. Aku  berharap dia menyesal, dan nggak akan berkata begitu lagi. Mudah-mudahan, itu hanya ekspresi kesedihan dia aja. Pujo juga selalu jagain aku kok, Pak. Peluk aku kalo aku sedih karena kangen Bapak. Tapi tenang aja, nggak ada yang bisa gantiin rasa dipeluk Bapak kok.

Sudah, ya, Pak. I miss you terribly. Bapak kangen aku juga, gak?

Al-Fatihah :”)

Leave a reply:

Your email address will not be published.