Menikmati Pesona Umbul Sidomukti

umbul-sidomukti-1  umbul-sidomukti-2
umbul-sidomukti-3   umbul-sidomukti-4

umbul-sidomukti-5   umbul-sidomukti-7

umbul-sidomukti-8   umbul-sidomukti-9

umbul-sidomukti-6    umbul-sidomukti-10

umbul-sidomukti-11    umbul-sidomukti-12

umbul-sidomukti-13    umbul-sidomukti-14

umbul-sidomukti-15    umbul-sidomukti-16

umbul-sidomukti-17    umbul-sidomukti-18

umbul-sidomukti-19

Awal Agustus lalu, Alhamdulillah saya menggenapi keinginan ibu saya untuk mudik bersama anak dan cucu. Kebetulan, adik saya yang baru menikah, bisa bablasin cuti bulan madunya. Jadi kita masih berkesempatan untuk menyenangkan hati ibu yang udah kayak orang ngidam ngajak cucu mudik. Hihi. Mudik kali ini memang terasa berbeda, karena keluarga inti kami mendapatkan 2 anggota baru: mas B dan istrinya adik saya. Selain memang ada acara keluarga, kami juga menyempatkan waktu berjalan-jalan seputaran Solo dan sekitarnya.

Mas B hepi berat pergi bareng-bareng eyang bapak dan eyang ibu, terlebih om dan tantenya juga ikut. Panda sama ibunya mas B emang butuh bantuan ‘baby sitter’ tambahan. Hehehe. Mudik kali ini, kita sempetin lagi buat jalan ke luar kota, yaitu Semarang. Kalo beberapa tahun lalu kita udah datengin Sam Poo Kong, Lawang Sewu, Gereja Blendhuk dan juga Mesjid Agung Jateng, kali ini saya pengen banget datengin tempat yang lagi hits di Semarang, yaitu Umbul Sidomukti.

Umbul Sidomukti ini tepatnya terletak di Bandungan, Ungaran, Kabupaten Semarang. Kalau dari Solo, perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam-an. Hampir sama kayak rute Depok-Bandung sih.Kemarin kita sempet mampir dulu di Boyolali, jadi rasanya emang gak nyampe-nyampe. Buat yang gak tau jalan, GPS bener-bener ngebantu. Pastiin aja providernya kuat sinyal dan HP gak lowbat. Jalannya menyusuri pemukiman padat penduduk, persis kayak jalanan di Cisarua atau pinggiran Sukabumi. Untungnya nih, saking kecil jalannya dan gak memungkinkan buat dilewati dua jalur mobil, warga disana membuat 2 jalur berbeda; baik itu menuju ke kawasan wisata dan dari kawasan wisata menuju ke kota. Jangan kaget, buat yang ngaku-ngaku jago nyetir, harus banget nih ngerasain berkendara menuju kawasan wisata Umbul Sidomukti. Indah sih pemandangannya, tapi meliuk-liuk, nanjak, dan sebelahan ama jurang. Pas sampe atas, saya bahkan nemu bis pariwisata yang lebih dulu berhasil mencapai tujuan. 2 jempol deh buat supir bis.

Sesampainya disana, saya sekeluarga disuguhi pemandangan gunung yang terlihat di antaranya, Gunung Ungaran, Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Telomoyo, dan Gunung Muria. Dari kejauhan, juga keliatan kawasan wisata Rawa Pening. Kok bisa keliatan pemandangan sebegitu banyaknya? Soalnya Umbul Sidomukti ini terletak di ketinggian 1200 mdpl. Pokoknya lupa deh segala kekhawatiran kita ngelewatin jalanan yang penuh liukan tadi. Semua terbayar sama keindahan pegunungan.

Menuju pintu masuk, kita bisa loh naik kuda yang ditawarkan mulai dari tempat parkir. Dengan tarif 20k, kita gausah capek-capek jalan menuju pintu masuk untuk beli karcis. HTM untuk masuk ke kawasan wisata ini sebesar 10k. Untuk anak yang tingginya lebih dari 80 cm, harus udah beli tiket yaa. Jangan curang 😉

Terus ada apa aja sih prit di sana?
Selain bisa menikmati pemandangan alamnya yang WAH, kawasan wisata ini juga menyediakan fasilitas one stop vacation kayak outbond activity dan juga pemandian alam yang ISTIMEWA. Seistimewa apa sih? Liat deh fotonya.

umbul-sidomukti-20

Kalah deh kolam-kolam renang ala Bali, semua lewaaat…. Sayangnya nih, pusat outbond-nya kemarin tutup. Mungkin karena abis ujan dan anginnya lumayan kenceng, jadi ditutup dulu. Ya bayangin aja, flying fox dengan jarak 75 meter dari permukaan tanah terus anginnya kenceng. Mending liat pemandangan sambil nyeruput wedang jahe toh? Oh iya, kalau sanggup ke atas lagi, ada pondok kopi ala Umbul Sidomukti loh. Saya sih ga sempet kesana, tapi katanya sih patut buat dicoba. Menurut beberapa review sih jangan harap kita bakal menemukan kafe yang instagrammable dan kopi yang teliti dibuatnya. Tapiiii, kapan lagi kita nyeruput kopi panas dengan pemandangan yang amazingly beautiful kayak gini? Ya khan ya khan?

I recommend this place for leisure, sama keluarga, sama pacal (ta u uk!), sama temen, ato sama siapa aja deh yang kamu suka. Jangan lupa bawa kameramu, karena semua spot instagramable dan jangan lupa beli jagung bakar sebelum pintu masuk. ENAK BOK! *salam ngeces*

Nah kalau pengin banget ngerasain sejuknya udara di Umbul Sidomukti dan spot wisata lainnya di Semarang, kamu bisa kok pesan tiket pesawat sekarang juga. Pilih Citilink yang menyediakan banyak jam penerbangan menuju Semarang maupun sebaliknya. Masih ragu? Ssst, Airpaz menawarkan banyak promo loh! Cepetan deh, ditunggu sama lumpia panas tuh hehe 😉

umbul-sidomukti-1

9 comments: On Menikmati Pesona Umbul Sidomukti

Leave a reply:

Your email address will not be published.